Sabtu, 12 Februari 2011

Snow On the Sahara


Lagu "Snow on the Sahara" ini diciptakan dan diaransemen oleh komposer Erick Benzi, selanjutnya lagu ini diadaptasikan ke bahasa Inggris oleh penulis lagu Nikki Matheson. Lagu bergenre World Music ini awalnya dirilis dalam versi bahasa Perancis berjudul "La neige au Sahara" pada album Au nom de la lune di tahun 1997.

Lagu ini memiliki dua versi video klip. Video klip pertama direkam di Bali tahun 1997, menampilkan sosok Anggun dengan kekasihnya dalam sebuah ritual upacara kuno. Sementara video klip versi kedua direkam di tahun 1998, menampilkan Anggun dalam sebuah rumah tua dengan furnitur-furnitur antik serta Anggun bernyanyi dengan background es berwarna biru. Video klip versi kedua tidak terlalu komersil dan ditayangkan di stasiun TV di Amerika Serikat.

Snow on the Sahara ini merupakan hits Anggun yang paling fenomenal. Lagu inilah yang berhasil membawa Anggun menuju kancah musik internasional. Lagu ini berhasil memasuki tangga lagu di berbagai belahan dunia dan tercatat merupakan salah satu hits besar di tahun 1998 hingga 1999. Lagu Snow on the Sahara ini kemudian dirilis kembali dalam berbagai album kompilasi internasional, diantaranya Fantastic Female (dirilis oleh MTV Asia tahun 1999), Top of the Pops - The Best of '99 (dirilis oleh Sony UK tahun 1999) serta 2 album kompilasi produksi Jerman Das Album der Megasongs Vol. 7 (WEA '99) dan The Music of the World (OW99). Di dalam album-album kompilasi internasional tersebut hanya Anggun-lah satu-satunya penyanyi non-Eropa dan non-Amerika. Di tahun 1999, lagu ini digunakan sebagai soundtrack promosi Swatch, sebuah jam tangan terkenal dunia asal Swiss . Di tahun 2004, lagu ini kemudian juga di-recycle oleh penyanyi kenamaan Sarah Brightman dalam albumnya, Live from Las Vegas.

1 komentar: