Jumat, 23 September 2011

Luminescence

Luminescence adalah album studio internasional ketiga oleh penyanyi Indonesia Anggun C. Sasmi, yang diluncurkan pada Februari 2005 di Perancis dan disusul pada Agustus 2005 secara internasional. Berbeda dengan album-album Anggun sebelumnya, kali ini versi bahasa Inggris dan bahasa Perancis dari album ini dirilis dengan judul yang sama.

Setelah keluar dari perusahaan rekaman Columbia Records dan label induknya Sony Music Entertainment pada tahun 2003, setahun berikutnya Anggun kemudian menandatangani kontrak dengan Heben Music, sebuah label independen di Perancis. Untuk distribusi album, Anggun juga dibantu oleh label utama Sony BMG Music Entertainment untuk kawasan Eropa dan Universal Music Group untuk kawasan Asia, termasuk Indonesia. Selain berganti label, Anggun juga tidak lagi bekerja sama dengan musisi Erick Benzi yang telah membesarkan namanya. Album ini diproduseri oleh banyak musisi seperti FB Cool, Frédéric Jaffré, Jean-Pierre Taïeb, Lolly, Niels Brinck, SDO, dan Teetoff. Pada album ini, selain menggarap musik pop dan beberapa unsur R&B, Anggun juga kembali ke akar musik rock yang pernah menjadi cirinya di awal karier.

Album ini melejitkan dua singel utama yaitu "In Your Mind" dan "Saviour" untuk versi bahasa Inggris, serta "Être une Femme" dan "Cesse la Pluie" versi edisi bahasa Perancis. Di beberapa negara "Undress Me" dipilih sebagai singel pertama, namun tidak disertai dengan video musik. Khusus pasaran Indonesia dan Malaysia, Anggun menyertakan sebuah singel berjudul "Mantra" yang merupakan versi bahasa Indonesia dari "Saviour". Lagu "Saviour" juga terpilih sebagai soundtrack film produksi Hollywood Transporter 2. Pada tahun 2006,

Anggun merilis ulang album ini dengan tajuk Luminescence: Special Edition. Di edisi repackage ini Anggun menambahkan tiga lagu baru, yaitu "I'll Be Alright", "A Crime", dan "Waiting" untuk album versi bahasa Inggris, serta "Juste avant toi", "Garde-moi", dan "Quelqu'un" untuk album versi bahasa Perancis.

Photo of : http://facebook.com/ANGGUNCOLLECTOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar